top of page
Search

Waspada Kanker


Sebelum seseorang dinyatakan sebagai pasien kanker, terdapat beberapa tanda dan gejala yang muncul terlebih dahulu. Deteksi awal tanda dan gejala tersebut dapat membantu pengobatan yang akan diberikan. Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala kanker:

  • Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Hal ini sering dijumpai dengan kanker pankreas, lambung, esofagus, atau paru.

  • Demam, lebih sering dijumpai setelah kanker menyebar ke organ lain. Demam juga mungkin merupakan tanda awal kanker seperti leukemia atau limfoma.

  • Fatigue (sangat lelah yang tidak membaik dengan isrtirahat). Fatigue merupakan gejala yang penting dengan bertumbuhnya kanker.

  • Nyeri merupakan gejala awal beberapa kanker. Sakit kepala yang terus menerus atau tidak membaik dengan terapi mungkin merupakan gejala tumor otak, nyeri punggung dapat merupakan gejala kanker kolon, rektum, atau ovarium. Sering kali nyeri karena kanker berarti bahwa kanker telah bermetastasis.

  • Perubahan kulit dapat terlihat karena beberapa kanker seperti kulit terlihat lebih gelap, kulit dan mata menguning, kulit kemerahan, gatal, pertumbuhan rambut berlebih. Adanya kutil, tahi lalat, atau bintik hitam yang berubah ukuran, bentuk, dan warna harus segera diperiksakan.

  • Perubahan buang air besar besar atau kecil misalnya konstipasi jangka panjang, diare, atau perubahan ukuran feses mungkin merupakan tanda kanker kolon; nyeri saat berkemih, ada darah di urin dapat terkait dengan kanker kandung kemih atau kanker prostat.

  • Radang yang tidak kunjung sembuh. Kanker kulit dapat berdarah dan menyerupai radang yang tidak kunjung sembuh, radang yang berlangsung lama dalam mulut dapat merupakan kanker rongga mulut, radang pada penis atau vagina mungkin merupakan tanda infeksi atau kanker stadium awal.

  • Bercak putih dalam mulut atau lidah mungkin merupakan leukoplakia, yang merupakan lesi pra-kanker karena iritasi terus menerus. Hal ini seringkali disebabkan merokok.

  • Perdarahan atau keluar cairan yang tidak biasa. Batuk dan mengeluarkan darah dalam sputum mungkin merupakan tanda kanker paru, darah dalam feses dapat berupa tanda kanker kolorektal, perdarahan abnormal dari vagina dapat berupa tanda kanker serviks, keluar cairan dari puting payudara mungkin merupakan tanda kanker payudara.

  • Penebalan atau massa/benjolan, dapat dijumpai pada kanker payudara, kanker testis, limfoma, kanker jaringan lunak.

  • Gangguan percernaan atau kesulitan menelan. Hal ini mungkin merupakan tanda kanker esofagus atau lambung.

  • Suara serak. Hal ini dapat merupakan tanda kanker laring atau tiroid.

Apabila tanda dan gejala tersebut muncul, maka Anda disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter Anda. Tanda dan gejala tersebut belum tentu kanker tapi tidak ada salahnya bagi Anda untuk memeriksa dan mengetahui kondisi tubuh Anda. Referensi: https://www.cancer.org/cancer/cancer-basics/signs-and-symptoms-of-cancer.html http://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/cancer-symptoms#accordion_symptoms2 http://www.becancerawareni.info/general-signs-and-symptoms-cancer

Sumber: Indonesia Cancer Care Community (ICCC.id)

18 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page