Search

DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA

Deteksi dini secara rutin sangat penting dilakukan walaupun tidak ada tanda dan gejala yang jumpai terkait kanker payudara. Melalui deteksi dini, berbagai hal yang abnormal terkait payudara dapat Sobat temukan dan rasakan lebih awal sebelum kondisi tersebut berkembang menjadi parah. Melalui deteksi dini, banyak jiwa dapat diselamatkan dari bahaya kanker payudara stadium akhir yang mengancam. Karena semakin dini kanker payudara terdeteksi (stadium awal), semakin tinggi kesempatan hidupnya. Begitu sebaliknya.

Secara umum, terdapat 3 kategori rekomendasi deteksi dini kanker payudara berdasarkan umur, yaitu:



Rekomendasi ini merupakan panduan umum dan mungkin akan berbeda pada individu yang mempunyai riwayat kanker payudara pada keluarganya atau mempunyai faktor risiko kanker payudara yang besar. Selalu diskusikan bersama dokter Anda mengenai jadwal screening yang paling tepat untuk Anda.


Apa itu SADARI dan SADANIS?


SADARI?

SADARI (perikSA payuDAra sendiRI) perlu dilakukan setiap bulan sekali oleh wanita yang sudah memasuki usia 20 tahun ke atas. Waktu terbaik melakukan SADARI adalah 7-10 hari setelah siklus menstruasi dimulai, ketika payudara Anda tidak terasa nyeri/bengkak. Jika Anda sudah menopause, lakukan SADARI pada tanggal yang tetap setiap bulannya, seperti setiap tanggal 1 tiap bulannya.

Tujuan melakukan SADARI adalah untuk membiasakan Anda mengenal kondisi payudara yang normal sehingga ketika terdapat perubahan pada payudara Anda, Anda dapat mengetahui atau mendeteksi perubahan tidak normal tersebut.

SADARI terdiri dari 3 langkah, yaitu :

  • Deteksi perubahan payudara di depan cermin

  • Rasakan perubahan payudara ketika berbaring

  • Deteksi perubahan payudara ketika sedang mandi

Ketika melakukan SADARI, Anda perlu merasakan apakah terdapat :

  • Benjolan yang keras dan menetap

  • Perubahan bentuk atau ukuran pada salah satu payudara

  • Kerutan atau rasa kasar bersisik pada kulit (seperti kulit jeruk)

  • Putting payudara yang masuk ke dalam

  • Keluarnya cairan (bening atau darah) dari puting payudara

Jika ditemukan hal-hal di atas, segera konsultasikan ke dokter Anda untuk pengecekan yang lebih lanjut.


Jika Anda menemukan perubahan pada payudara Anda, janganlah panik!

Benjolan tidaklah selalu kanker, tetapi semua benjolan yang ditemukan pada payudara harus dikonsultasikan lebih lanjut bersama dokter. Buatlah janji bersama dengan dokter Anda, tanyakan mengenai gejala perubahan pada payudara yang Anda alami, dan cari tahu mengenai riwayat keluarga Anda, apakah ada anggota keluarga yang pernah terkena kanker. Hal ini dapat membantu dokter dalam proses penilaian atas perubahan yang terjadi payudara Anda (apakah normal atau tidak), serta pertimbangan untuk langkah pengecekan lebih lanjut.

Anda juga mungkin akan dirujuk atau diarahkan ke radiologi untuk mendapatkan pengujian mammogram dan/atau USG pada payudara Anda. Jika ditemukan ketidaknormalan dari hasil mammogram atau USG, biopsi akan direkomendasikan untuk pemeriksaan yang lebih lanjut. Jika dari hasil biopsI ditemukan sel kanker, maka Anda akan dirujuk ke dokter onkologI (breast surgeon).

Jika terdapat kekhawatiran atau pertanyaan mengenai kondisi perubahan payudara yang Anda alami, diskusikanlah bersama dokter Anda atau mencari second opinion untuk meyakinkan kepastian diagnosa atau langkah terapi yang terbaik.


SADANIS?

Wanita yang telah memasuki usia 40 tahun – atas harus melakukan SADANIS (perikSA payuDAra kliNIS) satu kali setiap tahun. SADANIS merupakan pemeriksaan payudara oleh dokter atau professional kesehatan. SADANIS dapat dilakukan pada klinik, poliklinik, atau klinik ginekologi. Dalam proses SADANIS, dokter akan memeriksa payudara Anda. Jika dokter menemukan hal-hal yang mencurikan, Anda akan dirujuk untuk mendapatkan pengujian yang lebih lanjut (seperti mamografi, USG, atau biopsi).


Sumber informasi: Indonesia Cancer Care Community (ICCC)


Referensi

What is breast cancer? , Breast Cancer Foundation, https://www.bcf.org.sg/learn-more/what-is-breast-cancer/

Breast Cancer, Singapore Cancer Society, https://www.singaporecancersociety.org.sg/learn-about-cancer/types-of-cancer/breast-cancer.html

Breast cancer, Cancer Research UK, https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/breast-cancer

Know Your Lemons, Worldwide Breast Cancer, https://worldwidebreastcancer.org/

28 views0 comments

Recent Posts

See All