Search

Terapi Kanker Payudara


Pola terapi pada setiap orang dapat berbeda-beda. Untuk membantu dokter dalam menentukan pilihan terapi yang paling tepat, stadium kanker haruslah diketahui terlebih dahulu. Ukuran tumor, jenis sel yang membentuk tumor tersebut, dan apakah kanker sudah menyebar atau belum merupakan informasi yang perlu dokter ketahui. Terapi kanker payudara dapat berupa terapi tunggal atau kombinasi dari beberapa terapi bergantung pada stadium yang Anda miliki. Serba-serbi terapi kanker payudara:

  • Pembedahan

Pembedahan merupakan terapi yang paling umum untuk kanker payudara. Terdapat 2 jenis pembedahan payudara: 1. Lumpektomi, yaitu pengangkatan benjolan (tumor) dan sebagian jaringan normal payudara sekitar tumor. Beberapa kelenjar getah bening juga mungkin diangkat untuk mencegah kanker menyebar. Umumnya, lumpektomi hanya dilakukan pada stadium awal kanker payudara. 2. Masektomi, yaitu pengangkatan payudara secara total, seringkali diikuti dengan pengangkatan kelenjar getah bening pada area ketiak dan terkadang pada area otot dada. Masektomi diperlukan ketika kanker telah ditemukan pada berbagai area payudara atau area cakupan kanker yang cukup luas.

  • Kemoterapi

Obat-obatan, umumnya kombinasi, dapat diberikan secara oral atau injeksi untuk membunuh sel-sel kanker. Obat-obat ini akan memasuki aliran darah dan menuju ke berbagai bagian tubuh, dan dapat menyebabkan efek samping. Melalui kemajuan teknologi dan ilmu medis, saat ini efek samping terapi dapat dicegah atau dikurangi. Diskusikanlah bersama tim medis Anda mengenai cara menangani efek samping yang Anda alami.

  • Terapi radiasi atau radioterapi

Dosis tinggi sinar X-ray diarahkan ke area payudara dengan tujuan merusak dan mencegah sel-sel kanker tumbuh. Radioterapi umumnya disarankan berbarengan dengan lumpektomi, akan tetapi tidak dengan masektomi. Beberapa efek samping radioterapi dapat muncul dan berbeda pada setiap individu.

  • Terapi hormon

Terapi hormon dilakukan untuk membatasi akses sel kanker terhadap hormon-hormon yang dapat membantu sel kanker bertumbuh. Terapi hormon dapat berupa menggunakan obat-obatan yang mengubah mekanisme kerja hormon atau pengangkatan ovarium yang merupakan sumber hormon wanita (estrogen). Efek samping dapat muncul, bergantung pada tipe obat yang digunakan dan dapat berbeda-beda antar individu.

Referensi What is breast cancer? , Breast Cancer Foundation, https://www.bcf.org.sg/learn-more/what-is-breast-cancer/ Breast Cancer, Singapore Cancer Society, https://www.singaporecancersociety.org.sg/learn-about-cancer/types-of-cancer/breast-cancer.html Breast cancer, Cancer Research UK, https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/breast-cancer Know Your Lemons, Worldwide Breast Cancer, https://worldwidebreastcancer.org/ Source: iccc.id


4 views0 comments

Recent Posts

See All